PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: Rudianto

Bimtek Pembinaan Tenaga Pengelola Perpustakaan di Sumatera Selatan tahun 2018

Bimtek Pembinaan Tenaga Pengelola Perpustakaan di Sumatera Selatan tahun 2018

PALEMBANG-Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada tenaga pengelola perpustakaan sekolah se-Sumsel tingkat SLTA/sederajat. Kegiatan tersebut diselenggarakan dua hari dari tanggal 20-21 Maret 2018 di Hotel Horison Ultima Palembang. Kegiatan diikuti oleh 120 tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Dengan narasumber berasal dari Pustakawan perpustakaan nasional RI. Materi yang disampaikan berkaitan dengan literasi informasi di sekolah dan kemas ulang informasi. Setelah mengikuti bimtek ini, peserta (pengelola perpustakaan-red) diharapkan mampu menjelaskan akan pentingnya literasi sebagai salah satu kecakapan di abad 21. Pengelola perpustakaan juga harus terampil dalam menelusur informasi secara efektif, efisien, dan sesuai etika. Materi kedua adalah kemas ulang informasi, yaitu membantu tugas guru dengan menyajikan pelajaran dan bahan bacaan pengayaan secara lebih interaktif menggunakan computer.

Bimtek tersebut bertujuan agar semakin banyak tenaga pengelola perpustakaan sekolah di Sumsel memiliki ketrampilan mengelola perpustakaan sesuai standar. Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Pustaawan Ahli Utama, Dra Ardiaty M.Hum mengatakan perpustakaan salah satu sarana penting untuk menunjang pendidikan yang bemutu dan dapat meningkatkan prestasi siswa.

“Pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik dapat menjawab tantangan dan meningkatkan prestasi siswa. Sekolah dengan fasilitas perpustakaan yang baik akan mempunyai siswa yang berprestasi, ” ujarnya saat membuka Bimtek Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah seluruh Provinsi di Indonesia yang diadakan di Hotel Horison Ultima,Palembang,Selasa (20/3/2018). Oleh karena itu, Bimtek tersebut dirasakan sangat perlu agar semakin banyak pengelola perpustakaan sekolah yang terampil.

“Kegiatan ini seluruh Indonesia sudah kita lakukan sejak awal Maret 2018. Seperti di Yogyakarta,Semarang,Bangka Belitung dan Sumsel. Dan ada juga di Kendari, Mamuju, di Jawa Timur dengan tim yang berbeda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Mislena,SE,MM mengapresiasi kerjasama Bimtek tersebut. Pasalnya dengan bantuan pusat, daerah kian terbantu terutama masalah pendanaan. “Ada ratusan tenaga pengelola perpustakaan sekolah dari 17 Kabupaten/kota kita undang. Dan mereka mendapatkan pembinaan.Kita bersyukur karena Perpusnas turut membantu,” pungkasnya.(rud)