PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: adminweb

INFORMASI DAN TATA CARA PENDAFTARAN SERTIFIKASI

Sebagai implementasi atas amanah UU-43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan, akan dilaksanakan program sertifikasi bagi pustakawan baik pustakawan PNS atau swasta. Peserta calon sertifikasi (disebut asesi) harus sudah memastikan dirinya kompeten pada unit kompetensi disetiap bidang (kluster) yang akan diambilnya. Kriteria unjuk kerja yang harus dipenuhi dalam suatu unit kompetensi dapat dipelajari pada SKKNI bidang Perpustakaan dan disarankan bagi calon peserta sertifikasi yang ingin diassess (diuji) sebaiknya mempelajari SKKNI Bidang Perpustakaan Klik: ( UNDUH SKKNI BIDANG PERPUSTAKAAN ), karena materi asesmen berdasarkan dari SKKNI Bidang Perpustakaan 

PERUBAHAN AGENDA PELAKSANAAN SERTIFIKASI PUSTAKAWAN

TAHUN 2016

NO

TANGGAL

TEMPAT

BIAYA

KETERANGAN

1

21-23 MAR

 JAKARTA I

 APBN

Pelaksanaan Sertifikasi (sudah dilaksanakan)

2

09-13 MEI

 MEDAN

 APBN

Pelaksanaan Sertifikasi sekaligus pelaksanaan uji kompetensi (sudah dilaksanakan)

3

23-26 MEI

 NTB

 APBN

Pelaksanaan Sertifikasi sekaligus pelaksanaan uji kompetensi (sudah dilaksanakan)

4

30 MEI - 03 JUN

 BALI

 APBN

Pelaksanaan Sertifikasi sekaligus pelaksanaan uji kompetensi (sudah dilaksanakan)

5

 26 - 28 JUL

UGM

SWADANA

Pelaksanaan Sertifikasi sekaligus pelaksanaan uji kompetensi (sudah dilaksanakan)

6

 1 -  4 AGUST

 JAKARTA II

APBN

Pelaksanaan Sertifikasi (sudah dilaksanakan)

7

8 – 12 AGUST

PALU

APBN

Pelaksanaan Sertifikasi

8

22 -  25 AGUST

UNAIR, SURABAYA

SWADANA

Pelaksanaan Sertifikasi

9

 27 - 29 SEP

IAIN - NTB

SWADANA

Pelaksanaan Sertifikasi

10

 10 - 13 OKT

JAKARTA III 

APBN

Pelaksanaan Sertifikasi

11

14 - 17 NOV

BPAD, BANDUNG

 SWADANA

Pelaksanaan Sertifikasi

Unduh dokumen berikut ini sesuai klaster yang Anda pilih:

Versi Terkini:  mengacu pada PBNSP 201/202 Tahun 2014

Klaster Pengembangan Koleksi

Klaster Pengolahan Bahan Perpustakaan

Klaster Layanan Pemustaka

Klaster Pemasyarakatan Perpustakaan

Klaster Pelestarian Bahan Perpustakaan

dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan melalui website/namun akan diberitahukan melalui telepon kepada peserta yang lolos verfikasi berkas)

LSP pustakawan berhak menutup pendaftaran sebelum waktunya apabila kuota telah terpenuhi. Berkaitan dengan mutu uji kompetensi, kami membatasi jumlah peserta setiap periode, dan bagi calon peserta yang belum berkesempatan mendaftar harap menunggu periode selanjutnya. 

Pustakawan yang sudah memastikan dirinya kompeten dapat mendaftarkan diri kepada LSP Pustakawan atau Tempat Uji Kompetensi terdekat.

Sekretariat LSP Pustakawan :

Perpustakaan Nasional Lobby Utama Lantai Dasar, Jl. Salemba Raya NO. 28A JAKARTA PUSAT Kode Pos: 10410; Faks.021-3901013 email : lsppustakawan@outlook.com Contact Person :

1.  Hendra Setiawan : CP hendra_setiawan@perpusnas.go.id

2. Lisianah  : CP 0813-8829-4440

3. Yudho : CP  0812-9693-9546

Syarat syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

A. Persyaratan Dasar

a.    Minimal pendidikan S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi, atau

b.    Minimal pendidikan S1 Ilmu lain ditambah lulus diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (setara 628 Jam).

c.    Bagi calon asesi (calon peserta uji) yang akan mengambil Klaster bidang Keahlian, maka harus telah Kompeten (lulus uji kompetensi) pada salah satu klaster bidang Pekerjaan.

d.    Mengingat pembiayaan sertifikasi ditanggung oleh APBN maka kami mengutamakan bagi calon peserta yang telah berstatus pustakawan baik PNS maupun swasta 

B. TATA CARA PENDAFTARAN

 1. Calon Peserta uji kompetensi (calon asesi) mengisi dan menandatangani formulir permohonan (FR-APL-01) dan mengisi formulir asesmen mandiri (FR-APL-02) sesuai klaster yang dipilih (unit apa saja yg diujikanper klasternya dapat dlihat pada point no 3).  

FORM APL-01  dan FORM APL-02 disesuikan dengan klaster yang anda pilih  (lihat point no.  4)

 *** penulisan nama jelas dengan huruf balok, sesuai yang tertera pada Ijazah  

2. Melampirkan kelengkapan dokumen pendaftaran :

   ADMINISTRASI 

  • Fotokopi bukti Identitas (KTP/SIM/Paspor)  // harus sama dengan FR-APL-01, Bagian 1.a
  • Pas Foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (bagian belakang diisi nama jelas dan nama klaster)
  • Materai 6000 (sebanyak 2 lembar)
  • Biaya Sertifikasi : (dana APBN)
  • Melampirkan Surat Rekomendasi/Izin, keterangan bekerja/pekerjaan
  • (DOWNLOAD CONTOH SURAT)
  • Membuat Riwayat Pendidikan/Pelatihan, Pekerjaan (DRH) [format dapat menyesuikan, diketik atau bisa ditulis tangan, informasi DRH yang paling relevan memuat informasi data diri, riwayat pendidikan, pelatihan, pekerjaan,seminar, atau karya tulis yang relevan dll)
  • DOWNLOAD CONTOH DRH
  • Mengirimkan kelengkapan data dalam bentuk softcopy via email: lsp_pustakawan@perpusnas.go.id , yang diisi dengan valid (untuk penerbitan sertifikat, dan keperluan lainnya)  dengan format isian data : download_isiandata

   PERSYARATAN DASAR:

  • Fotokopi Ijazah Ilmu Perpustakaan yang dilegalisir; atau Fotokopi Ijazah S1 Ilmu Non Perpustakaan ditambah Sertifikat Diklat CPTA, bagi peserta yang berijazah S1 Ilmu Non Perpustakaan
  • Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan Terakhir yang relevan/ Surat Keterangan bekerja dari instansi (bagi peserta yang telah bekerja).

3.  Memilih klaster (paket uji) sesuai bidang pekerjaan yang terdiri atas: 

- Klaster Pengebangan Koleksi

- Klaster Pengolahan Bahan Perpustakaan

- Klaster Layanan Pemustaka

- Klaster Pemasyarakatan Perpustakaan

- Klaster Pelestarian Bahan Perpustakaan

setiap klaster terdiri atas kompetensi umum yaitu:

Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar; Menyusun Rencana Kerja Perpustakan; dan Membuat Laporan Kerja Perpustakaan

Kompetensi inti pada klaster pengembangan koleksi adalah: Melakukan Seleksi Bahan Perpustakaan dan Melakukan Pengadaan Bahan Perpustakaan

Kompetensi inti pada klaster pengolahan bahan perpustakaan adalah: Melakukan pengatalogan deskriptif dan melakukan pengatalogan subjek

Kompetensi inti pada klaster layanan pemustaka adalah: Melakukan Layanan Sirkulasi, Melakukan Layanan Referensi, dan Melakukan Penelusuran Informasi Sederhana

Kompetensi inti pada klaster Pemasyarakatan Perpustakaan adalah: Melakukan Promosi Perpustakaan, Melakukan Kegiatan Literasi Informasi dan Memanfaatkan Jaringan Internet untuk Layanan Perpustakaan

Kompetensi initi pada klaster Pelestarian Bahan Perpustakaan adalah: Melakukan Perawatan Bahan Perpustakaan dan Melakukan Perbaikan Bahan Perpustakaan.

4. Peserta yang telah menentukan klasternya, selanjutnya mengisi formulir Asesmen Mandiri (FR-APL-02) untuk memastikan kesiapan awal dalam mengikuti uji kompetensi, setiap pertanyaan dalam formuliar APL-02 harus dijawab dengan (K), apabila masih ada yang (BK) peserta diharapkan mempelajari kembali materi yang terkait.

Unduh dokumen berikut ini sesuai klaster yang Anda pilih:

Versi Terkini: yang pengacu pada PBNSP 201/202 Tahun 2014

Klaster Pengembangan Koleksi

Klaster Pengolahan Bahan Perpustakaan

Klaster Layanan Pemustaka

Klaster Pemasyarakatan Perpustakaan

Klaster Pelestarian Bahan Perpustakaan

 5. Peserta  melengkapi bukti (yang dituangkan kedalam FR-APL-02) sesuai klaster/unit kompetensi yang dipilih.

Sebagai contoh misalnya untuk Unit:

  • Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar, bukti yang relevan sertifikat   pelatihan komputer
  • Menyusun Rencana Kerja Perpustaakaan, bukti yang relavan: Produk (hasil pekerjaan)

Prinsipnya proses sertifikasi akan lebih mudah jika didukung dengan bukti yang cukup, memadai, valid, otentik, dan terkini dan yang terpenting dapat dibuktikan saat pelaksanaan Real Asesmen.

(bagian umum akan mengecek kesesuain pada FORM APL-01 bagian 3 : Kompetensi dan Bukti Pendukung), sesuai dengan kriteria bukti VACS(valid, authentic, Current, Sufficient)

 link terkait untuk urutan penyusunan dokumen sertifikasi:

 5. LSP akan memverifikasi permohonan sertifikasi, dan peserta yang telah memenuhi persyaratan berhak untuk mengikuti tahapan berikutnya. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan tempat/lokasi dan waktu pelaksanaan melalui telepon atau email dan akan diumumkan melalui website http://pustakawan.pnri.go.id 

 7. Selanjutnya Asesi melaksanakan asesmen sesuai jadwal yang telah disepakati, dan asesor memberikan rekomendasi kompeten atau tidak kompeten berdasarkan pengamatannya. Selain itu, bagi asesi yang dinyatakan belum kompeten dapat mengajukan keluhan/banding dengan mengisi FORM BANDING ( Klik: Download FORM-BND-01 ), kemudian disampaikan kepada LSP Pustakawan.

  8. Keputusan Hasil Sertifikasi, yang dilakukan melalui rapat pleno

  9. Pengumuman Hasil Sertifikasi yang akan diberitahukan melalui email dan telepon 
10. Penerbitan sertifikat

  • Bagi peserta yang telah dinyatakan kompeten berhak mendapatkan sertifikat kompetensi
  • Pserta yang telah mendapatkan sertifikat diwajibkan mematuhi Kode Etik Profesi

 

http://pustakawan.perpusnas.go.id/content/dokumen-portofolio-sertifikasi-kompetensi