PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: Yudho Widiatmono

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Pustakawan

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Pustakawan

PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KENAIKAN JABATAN PUSTAKAWAN, MEKANISME PELAKSANAAN, SERTA PERBEDAAAN UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI

Sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, kenaikan jenjang jabatan fungsional pustakawan selain memenuhi angka kredit yang ditentukan, saat ini disyaratkan untuk mengikuti uji kompetensi kenaikan jabatan. Ketentuan ini hendaknya mulai dilaksanakan bulan Juli 2016 sesuai dengan ketentuan pada Surat Edaran Kepala Perpustakaan Nasional tentang Jabatan Fungsional Pustakawan.

Sehubungan dengan ketentuan tersebut diatas maka Perpustakaan Nasional pada tahun 2016 berinisiatif akan memfasilitasi pelaksanaan uji kompetensi yang penyelenggaraannya akan dipusatkan di setiap provinsi dan bertempat di Badan Perpustakaan Provinsi. Sebagai langkah pendahuluan Perpustakaan Nasional akan mengirimkan data pustakawan yang akan naik jabatan pada tahun ini. Data tersebut meliputi data pustakawan perpustakan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus,dan perpustakaan sekolah. Data tersebut kami harapkan dapat diklarifikasi kebenarannya agar pada pelaksanaannya dapat tercover dengan baik. Data yang kami berikan berasal dari pangkalan data pustakawan Pusat Pengembangan Pustakawan, data tersebut mungkin ada beberapa yang tidak valid maka dimohon pihak daerah dapat membantu mengklasrifikasi data tersebut kepada pustakawan pustakawan di provinsinya, dan apabila terdapat pustakawan yang belum tercantum dalam data tersebut maka mohon dapat diinventarisir dan dilaporkan kepada kami. Setelah data yang kami kirim telah diklarifikasi maka kami akan menyusun jadwal pelaksanaan di setiap provinsi.

Mekanisme pelaksanaan uji kompetensi kenaikan jabatan adalah dengan melakukan uji kompetensi tertulis secara serentak di setiap provinsi. Materi uji yang akan di ujikan adalah berasal dari butir kegiatan PerMenpanRB No.9 tahun 2016 yang telah ditetapkan pada Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) Jabatan Fungsional Pustakawan, materi tersebut disusun dan diujikan berdasarkan jenjang jabatan fungsional pustakawan yang akan ditempuh.

alur uji kompetensi photo Alur Tahapan Pelaksanaan Uji Kompetens1.gif

Selain hal tersebut diatas, sampai saat ini masih terdapat salah persepsi antara uji kompetensi dengan sertifikasi, yang sebenarnya kedua proses tersebut merupakan hal yang berbeda.

Dapat dijelaskan bahwa uji kompetensi kenaikan jabatan merupakan proses uji kompetensi kejejenjang jabatan setingkat lebih tinggi. Dasar dilaksanakannya uji kompetensi kenaikan jenjang adalah PerMenpan RB No.9 Tahun 2014 dan materi uji yang akan diujikan berasal dari butir kegiatan per jenjang jabatan yang terdapat pada PerMenpan RB No.9 Tahun 2014 yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Kerja Khusus Jabatan Fungsional Pustakawan. Pelaksanaan uji kompetensi kenaikan jejnjang jabatan dilakukan hanya sekali pada saat kenaikan jejanjang jabatan setingkat lebih tinggi.

sedangkan sertifikasi merupakan proses pemberian sertifikat kepada seorang pustakawan pada suatu bidang keahlian dalam pekerjaannya (pustakawan pengolahan, pengembangan koleksi, pustakawan pemasyarakatan, Pustakawan layanan, dll). Dasar dilaksanakannya Sertifikasi Pustakwan adalah UU43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan materi uji yang akan diujikan dalam sertifikasi berasal dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan (Permenakertrans Nomor 83 Tahun 2012) dan keuntungan sertifikasi adalah dapat menjadi pengganti uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan serta dapat memperoleh angka kredit sebanyak unit kompetensi yang diujikan.