PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: Yudho Widiatmono

PERPANJANGAN SERTIFIKASI

Bagi Pemegang Sertifikat Kompetensi Sertifikasi Pustakawan yang dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP Pustakawan, dapat memperpanjang masa berlaku sertifikatnya dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Masih bekerja sebagai Pustakawan di bidang pekerjaannya sesuai dengan klaster kompetensi yang tertera pada sertifikat
  2. Perpanjangan dapat diajukan 6 (enam) bulan sebelum masa berlaku habis sampai dengan 6 (enam) bulan setelah masa berlaku habis.
  3. Sertifikat yang telah habis masa berlakunya lebih dari 6 (enam) bulan maka tidak dapat dilakukan perpanjangan dan harus mengikuti rangkaian full asesmen. 
  4. Bagi pengajuan perpanjangan yang dilakukan dalam rentang yang disebutkan pada point 2, maka akan dilakukan metode asesmen portofolio terhadap berkas yang diajukan, LSP Pustakawan dapat memanggil pemegang sertifikat dalam proses asesmen bila dirasa perlu adanya konfirmasi langsung kepada yang bersangkutan.
  5. Biaya atas proses perpanjangan sertifikat ini GRATIS karena telah ditanggung oleh APBN Perpustakaan Nasional,
  6. Namun apabila dilakukan konfirmasi langsung kepada yang bersangkutan (seperti dinyatakan pada point 4) sehingga pemegang sertifikat harus menghadiri proses asesmen maka, biaya transport dan akomodasi yang dikeluarkan menjadi tanggung jawab peserta masing masing.

Tata Cara Pengajuan Perpanjangan Sertifikasi

  1. melakukan pendaftaran dengan mengisi Form APL-01 (form pendaftaran) dan Form APL-02 (form Asesmen Mandiri) yang dapat didownload pada link berikut :
  2. Mengirimkan file Form isian (unduh disini) dan Form APL 01 dan APL 02 yang sudah diisi dengan lengkap ke alamat email sertifikasipustakawan@gmail.com sebagai tanda mendaftar
  3. Semua berkas Fisik pendaftaran (termasuk APL-01 dan APL-02) dikirim ke alamat Sekretariat LSP Pustakawan dengan menyertakan bukti pekerjaan sesuai dengan klaster yang mewakili selama 3 tahun masa sertifikat
  4. Berkas lainnya yang harus dilengkapi dan dikirim sbb:
    • Pas foto 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar
    • Fotocopy KTP/Identitas lainnya
    • Fotocopy Sertifikat Kompetensi yang akan diperpanjang
    • Surat Keterangan dari Atasan yang menyatakan masih bekerja di Perpustakaan dan sesuai dengan klaster yang dimiliki.
    • Daftar Riwayat Hidup terbaru
    •  Materai 6000 sebanyak 1 lembar
  5. Mengirimkan semua berkas (point 3 dan 4) ke alamat LSP Pustakawan : Perpustakaan Nasional RI., Gedung Blok B Lt.3 Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430