PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: Rudianto

Sekilas Tentang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (selanjutnya disebut Perpusnas) sebagai Instansi Pembina Pustakawan, selalu berupaya meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalisme Pustakawan secara sistematis dan berkelanjutan. Salah satu upayanya  adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional secara berjenjang mulai dari tingkat daerah/provinsi yang diikuti oleh pustakawan dari semua jenis perpustakaan. Ajang ini diharapkan, dapat memotivasi para Pustakawan Indonesia untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya. Pustakawan Berprestasi Terbaik juga disiapkan untuk ikut serta berkompetisi di tingkat regional, yaitu di Congress of Southeast Librarians (CONSAL). 

Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan baik yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta.

Pustakawan Berprestasi Terbaik adalah Pustakawan yang memiliki komitmen dan prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan, berkepribadian, berdedikasi, profesional dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugasnya, sehingga dapat dijadikan panutan dan dapat memberi motivasi kepada para Pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan lainnya. Pustakawan yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta memiliki kontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tugas dan tanggung jawab Pustakawan adalah melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan secara profesional. Profesionalisme pustakawan dapat terlihat dari dedikasi dan pengabdiannya kepada perpustakaan yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada kepuasan pemustaka.

Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Daerah/Provinsi adalah pustakawan yang mendapat peringkat tertinggi berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Daerah/Provinsi dan disahkan dengan Keputusan Kepala Daerah/Provinsi atau sekurang-kurangnya Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi.

Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional adalah pustakawan yang mendapat peringkat tertinggi berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional dan disahkan dengan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Pemilihan pustakawan berprestasi adalah ajang lomba bagi para pustakawan baik negeri maupun swasta untuk memperebutkan juara 1 s.d harapan 3 pustakawan berprestasi tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pustakawan dari 34 provinsi di Indonesia dari berbagai jenis perpustakaan. Secara berjenjang mereka diseleksi di tingkat instansinya, kemudian di tingkat propinsi baru kemudian diutus untuk mewakili propinsinya di tingkat pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) Memberi penghargaan kepada para Pustakawan yang berprestasi terbaik. (2) Mengembangkan profesionalisme Pustakawan Indonesia. (3) Meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja Pustakawan. (4) Menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan di antara para peserta. (5) Mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta. (6) Mewujudkan citra Pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan.

Tahapan tes yang dilalui para peserta adalah tes koginitif, wawancara, presntasi dan karya tulis tentang kepustakawanan. Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional tahun 2018 telah selesai dilaksanakan. Berikut Profil Juara I Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018.