PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
diposting oleh: adminweb

TATA CARA MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PUSTAKAWAN

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakwan dan Angka Kreditnya, Pasal 33 ayat (1): “Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, Pustakawan yang akan naik jabatan harus mengikuti  dan lulus uji kompetensi”.

Selanjutnya, ketentuan lebih lanjut diatur dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun  2015 Tentang  Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, dengan tegas menyebutkan bahwa: ”dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pustakawan yang akan  naik jabatan harus mengikuti dan lulus uji kompetensi. Uji kompetensi dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:

 

  1. Pustakawan   yang   akan   naik   jabatan   harus mengikuti dan lulus uji kompetensi.
  2. Telah  mengumpulkan  angka  kredit  paling  kurang 70%   (tujuh   puluh   persen)   dari   angka   kredit kumulatif untuk naik jabatan.
  3. Uji   kompetensi   harus   diikuti   paling   lambat 6(enam) bulan sebelum   mengusulkan   kenaikan jabatan.
  4. Bagi  pustakawan  yang  telah  memiliki  sertifikat kompetensi  dari  Lembaga  Sertifikasi  Profesi  (LSP) Pustakawan   yang   telah   mendapat   lisensi   dari Badan  Nasional  Sertifikasi  Profesi  (BNSP)  yang masih berlaku dapat digunakan sebagai pengganti uji kompetensi.
  5. Peserta  yang  dinyatakan  tidak  lulus  dalam  uji kompetensi dapat mengikuti uji kompetensi ulang. Uji  kompetensi  ulang  dapat  diikuti  sebanyak  2 (dua) kali dalam tahun berjalan.
  6. Uji  kompetensi  Pustakawan  mulai  berlaku  secara efektif sejak 1 Juli 2016.

 

PERSYARATAN PESERTA

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan menduduki Jabatan Fungsional Pustakawan;
  2. Pustakawan yang telah menduduki Jabatan dengan TMT paling cepat satu tahun;
  3. Peserta yang akan proses Alih Kategori.
  4. Jenjang Jabatan Terakhir/Pangkat Terakhir :
Jenjang Jabatan Pangkat Paling Rendah
Pustakawan Terampil yang akan naik ke Pustakawan Mahir Pengatur Tingkat I (II/d)
Pustakawan Mahir yang akan naik ke Pustakawan Penyelia Penata Muda Tingkat I (III/b)
Pustakawan Ahli Pertama yang akan naik ke Pustakawan Ahli Muda Penata Muda Tingkat I (III/b)
Pustakawan Ahli Muda yang akan naik ke Pustakawan Ahli Madya Penata Tingkat I (III/d)
Pustakawan Ahli Madya yang akan naik ke Pustakawan Ahli Utama Pembina Utama Muda (IV/c)

TATA CARA PENDAFTARAN:

1. DAFTAR ONLINE

Peserta melakukan pendaftaran online, untuk memudahkan proses verifikasi/validasi. Informasi panduan untuk pendaftaran online dapat mendownload link di bawa ini

DOWNLOAD PENDAFTARAN UJI KOMPETENSI ONLINE 

2. Mengisi formulir pendaftaran

Peserta dapat mencetak formulir pendaftaran atau mengisi formulir di bawah ini:

Download Formulir Permohonan Uji Kompetensi 

3. Melengkapi Dokumen  berikut ini Dokumen fisik data fisik dibawa saat pelaksanaan ujian sesuai jadwal yang ditentukan.

DOKUMEN YANG DISIAPKAN DAN DIBAWA SAAT UJI

 

No. Nama Dokumen Jumlah Keterangan
1. Foto berwarna (3 x 4) 2 buah Foto tidak memudar , tidak diperkenakan di stapler serta dimasukan dalam plastik, bagian belakang ditulis nama jelas, NIP, dan Instansi
2. Fotokopi KTP 1 buah Verifikasi identitas peserta
3. Foto Karpeg 1 buah Verifikasi identitas sebagai PNS
4. Fotokopi SK Jabatan Terakhir 1 buah Verifikasi identifikasi jabatan terakhir dan TMT
5. Fotokopi SK Pangkat Terakhir 1 buah Verifikasi identifikasi pangkat terkahir dan TMT
6. Fotokopi PAK terakhir 1 buah Verifikasi identifikasi angka kredit terakhir
7. Fotokopi Surat Masih Menduduki Jabatan  1 buah Verifikasi data pustakawan aktif
8. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai Terakhir 1 buah Verifikasi Pendidikan
9. Asli Surat Izin/Rekomendasi 1 buah Surat izin mengikuti uji kompetensi yang ditandatagani atasan langsung
  Contoh Surat Izin/Rekomendasi : DOWNLOAD CONTOH SURAT IZIN/REKOMENDASI
10. Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) 1 buah Verifikasi Riwayat Pendidikan/Pelatihan, Pangkat/Jabatan, dan Organisasi
  Contoh DRH : DOWNLOAD CONTOH DRH
11. Pemberkasan Dokumen : Dokumen dimasukan ke dalam map kertas dengan identifikasi
  Contoh MAP : CONTOH MAP
  Warna MAP HIjau : untuk Jenjang Pustakawan Terampil yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Mahir
  Warna MAP Kuning : untuk Jenjang Pustakawan Mahir yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Penyelia
  Warna MAP Cokelat : Pustakawan untuk Ahli Kategori
  Warna MAP Merah : untuk Jenjang Pustakawan Ahli Pertama yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Ahli Muda
  Warna MAP Biru : untuk Jenjang Pustakawan Ahli Muda yang akan naik ke Jenang Ahli Madya
  Warna MAP Biru Muda : untuk Jenjang Pustakawan Ahli Madya yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Ahli Utama

 

JADWAL PELAKSANAAN

  1. Pelaksanaan Uji Kompetensi di Jakarta dilaksanakan 2 kali setiap bulan, yaitu pada hari SELASA minggu pertama dan ketiga dengan durasi waktu ujian 150 menit. Peserta yang telah memenuhi persyaratan dapat melakukan pendaftaran paling lambat 6 bulan sebelum mengajukan untuk naik Jabatan.
  2. Pelaksanaan uji kompetensi di daerah akan dikoordinasikan dengani pihak Dinas Perpustakaan Provinsi.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi, Sekretariat Uji Kompetensi:
Kepada : Sdr. Hendra Setiawan
Alamat : Perpustakaan Nasional RI, Deputi II, Gedung B Lantai 3, ext : 225
    Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat, Kode Pos : 10410
No. HP/ Whatsapp : 0821-1108-5878
E-Mail : uji_kompetensi@perpusnas.go.id
Waktu Layanan/Konsultasi :

Setiap hari kerja Senin - Kamis Pukul : 07.30 - 16.00 WIB ; Waktu Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB

Jumat Pukul 07.30 - 16.30; Waktu Istirahat ; 11.30 - 13.00 WIB

PENERBITAN SERTIFIKAT

Estimasi waktu penerbitan sertifikat pelaksanan uji kompetensi mengikuti sistem yang berjalan saat in [kondisi belum diterapkan pelaksanaan uji kompetensi Onlline], yaitu:

 

No. Uraian Waktu
1. Validasi data yang melekat pada sertifikat yaitu: Nama (gelar), NIP, Tempat Tanggal Lahir, Pangkat/Golongan, Jabatan Terakhir, Tujuan Uji Kompetensi (untuk 40 Peserta) 2 hari kerja
2. Pengolahan Hasil Uji Kompetensi 1 hari kerja
3. Rekomendasi dan keputusan hasil uji kompetensi oleh Pejabat yang berwenang Tentatif
4. Pemberitahuan hasil uji kompetensi (jika dilaksanakan di daerah informasi disampaikan ke Dinas Perpustakaan Provinsi melalui surat resmi) Tentaif
5. Proses Pencetakan sertifikat 1 hari kerja
6. Tanda Tangan Sertifikat oleh Pejabat yang berwenang Tentatif
7. Proses legalisir sertifikat 1 hari kerja
7. Pengeriman sertifikat (lamanya disesuikan tempat tujuan) Tentatif

 

 

UNDUH LAMPIRAN KONTEN