PUSAT PENGEMBANGAN PUSTAKAWAN

"Mewujudkan Pustakawan Professional Sesuai dengan Jenjang Jabatannya"
daftar forum | lupa password
Dengan mendaftar sebagai pengguna,
Anda akan dapat mengakses beragam fitur dalam situs ini,
di antaranya: jurnal online, forum diskusi
<< kembali ke kategori Sertifikasi

Topik: Perpusnas nyatakan Indonesia butuh banyak filolog

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia menyebutkan Indonesia memerlukan banyak filolog untuk menerjemahkan naskah lokal peninggalan jaman kuno.

" Untuk menggali naskah kuno diperlukan banyak filolog, begitu pesan yang ada pada naskah kuno ini bisa dipahami oleh generasi milenial, " kata Kepala Perpusnas Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando pada pembukaan Festival Naskah Nusantara III di Gedung Auditorium Kampus Sebelas Maret Solo, Senin.

Walau tidak mengatakan jumlah filolog yang sekarang ini berada di Indonesia, dikatakannya kehadiran filolog itu masih tetap kurang hingga begitu diperlukan.

" Tidak cuma keperluan untuk membahas supaya pesan dari <a href="http://www.serihp.com//">hp xiaomi</a> naskah dapat di kirim pada orang-orang namun dengan juga kehadiran filolog ini naskah semakin berkembang di internasional mengingat perubahan masa saat ini begitu masif dari masa cetak ke digital, " tuturnya.

Ia menyebutkan dalam hal semacam ini Indonesia tidak cuma memerlukan 100-500 filolog namun sampai beberapa ribu.

Pada saat yang sama, Rektor Kampus Sebelas Maret Ravik Karsidi menyebutkan dengan diadakannya Festival Naskah Nusantara III di Universitas UNS, diinginkan orang-orang dapat ketahui isi dari naskah kuno.

Walau sekian, untuk ketahui isi naskah itu diperlukan filolog yang dapat menerjemahkannya untuk setelah itu di sampaikan pada orang-orang.

" Dengan hal tersebut, suatu hal Isi waktu dulu bisa digunakan untuk masa saat ini serta masa datang, " tuturnya.

Ke depan, Ravik berkemauan UNS dapat buka program studi filolog, dengan hal tersebut UNS dapat memberi peran pada keperluan filolog di Indonesia.

" Di UNS sekarang ini belumlah ada, seolah-olah tidak menarik karna terkait dengan waktu dulu, namun sebenarnya keberadaannya begitu perlu, " tuturnya.

Pengguna Balasan
Anda harus login atau mendaftar sebelum membalas topik