Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Webinar sebagai Langkah Praktis untuk Pertemuan Virtual
Ditulis Oleh: Muhamad Qodir Shodiq

Jakarta, 27 Juli 2020 -- Disrupsi teknologi telah memunculkan budaya baru masyarakat untuk berinteraksi secara teknologi. Menurut Millar, Lockett, Ladd (dalam Riana Mardiana, 2018 ) definisi disrupsi teknologi adalah teknologi yang secara potensial dapat menciptakan inovasi pada produk, layanan, ataupun proses bisnis di setiap level, seperti struktur industri, segmentasi industri dan sistem sosial (perubahan hubungan sosial). Di masa pandemi ini, manfaat dari disrupsi teknologi yang sangat dirasakan masyarakat luas adalah dengan munculnya webinar.

Webinar saat ini menjadi suatu kebutuhan masyarakat, terutama untuk perkantoran swasta maupun pemerintah. Aplikasi Zoom Meeting adalah yang paling populer dan banyak digunakan untuk melakukan aktivitas ini. Pertemuan virtual dengan rekan bisnis atau koleganya, webinar menjadi solusi praktis untuk tetap berkomunikasi dan saling terhubung. Sebuah gadget dan koneksi internet adalah perangkat yang dibutuhkan untuk melangsungkan webinar. Kemajuan teknologi dan informasi kini telah menciptakan media pertemuan dan berkomunikasi meskipun tanpa harus bertatap muka langsung.

Webinar merupakan gabungan dari dua kata, yaitu web dan seminar. Webinar sering dilakukan pada kegiatan pertemuan virtual, misalnya seminar online, rapat virtual, pembelajaran, dan lainnya. Untuk menambah kebutuhan kognisi tenaga perpustakaan, dunia kepustakawanan saat ini juga memanfaatkan webinar sebagai sarana untuk melaksanakan seminar. Peserta dapat mendaftar langsung dari komputer, laptop atau handphone masing-masing. Pada sisi lain peserta webinar dapat menyimak materi dan berinteraksi dengan baik melalui chat atau berinteraksi langsung secara verbal dengan narasumber dalam waktu yang sama (real time) walaupun berbeda lokasi.

Sering mengikuti acara webinar, maka peserta akan bertambah pengetahuan. Peserta webinar akan mendapatkan e-sertifikat sebagai bukti telah menjadi partisipan dalam acara webinar yang diikuti. Telah beberapa kali dilangsungkan webinar kepustakawanan oleh pelbagai instansi. Perpustakaan Nasional RI sendiri telah beberapa kali melangsungkan webinar kepustakaan dengan materi yg berbeda dan kerkolaborasi dengan kementerian atau lembaga lain, serta tokoh masyarakat.

 

Referensi:

Kanal, Pengetahuan. 2018. Pengertian Webinar. Diakses pada 2 Juli 2020 melalui https://www.kanal.web.id/pengertian-webinar

Riana Maridana. 2018. Adopsi Dsirupsi Teknologi untuk Mengembangkan Manajemen Data Riset Perpustakaan Perguruan Tinggi. Diakses pada 15 Juli 2020, melalui https://www.researchgate.net/publication/332189783_Adopsi_Disrupsi_Teknologi_untuk_Mengembangkan_Manajemen_Data_Riset_Perpustakaan_Perguruan_Tinggi