Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020
Ditulis Oleh: Isti Sulastari

Suasana Zoom Meeting Saat Pengarahan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Sumber: Humas Perpusnas RI)


Jakarta, 19 Oktober 2020

Dalam rangka mengapresiasi para pustakawan terbaik di seluruh Indonesia, Perpustakaan Nasional melalui Pusat Pembinaan Pustakawan kembali menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara tatap muka (offline), tahun ini diselenggarakan secara daring (online) dikarenakan masih pada masa pandemi covid-19.

Pada tanggal 19 Oktober 2020 dan bertepat di Novotel, Cikini Jakarta Pusat, Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020 dibuka secara resmi oleh Kepala Perpustakaan Nasioanal RI, M. Syarif Bando. Acara pembukaan ini dihadiri oleh lebih dari 400 peserta melalui zoom dan mencapai sekitar 2.700 playbacks melalui youtube. Siaran ulangnya dapat diakses melalui: https://tinyurl.com/PembukaanPusber2020

Pada acara pembukaan tersebut, disampaikan pula Laporan Panitia Pusat Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 yang disampaikan oleh Opong Sumiati, Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan Perpusnas RI. Beliau menyampaikan bahwa pada tahun ini Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional diikuti oleh 32 pustakawan terbaik yang telah lolos seleksi pada tingkat provinsi. Para peserta tersebut akan dinilai oleh para dewan juri yang terdiri atas akademisi, pakar, dan praktisi di bidang kepustakawanan.

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat nasional diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat pustakawan, ungkap M. Syarif Bando. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri di era pandemi covid-19. Pada pengarahannya tersebut beliau menyatakan bahwa pandemi covid 19 adalah ujian bagi kita yang berkiprah di dunia perpustakaan, ujian untuk membuktikan bahwa peran perpustakaan dan pustakawan tetaplah dapat terasa di masyarakat di situasi pandemi. Maka dari itu, pustakawan tidak boleh berhenti berinovasi dan berkreasi. Pada lingkungan Perpystakaan Nasional, sudah ada layanan referensi virtual melalui “Tanya Pustakawan” yang mendapat respon yang sangat positif dari berbagai kalangan pemustaka.

Perlunya adaptasi pustakawan pada situasi pandemi yang menantang ini juga disampaikan oleh Ms. Christime Mackenzie, President of IFLA. Dalam greeting speech-nya, ia menyatakan bahwa Perpustakaan segera menyatakan bahwa mereka sebenarnya bukan tutup, mereka masih menyediakan program dan layanan dengan cara yang harus cepat diadaptasi dengan keadaan baru. Di samping itu, Ms. Soh Lin Li (Manager of the IFLA Regional Office for Asia and Ocenia) juga menambahkan bahwa dalam menjawab tantangan ini kita semua perlu untuk untuk menjadi gesit dan menjalin kemitraan di dalam dan di laur negeri. Hanya dengan bekerja sama sebagai satu-kesatuan maka kita dapat memastikan masa depan perpustakaan di wilayah kita, tambah Ms. Soh Lin Lin. 

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 dilaksanakan oada 19 Oktober – 23 Oktober 2020. Dengan mengusung tema “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Rangka Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”, peserta pada kompetisi akan berlomba untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasioanal. Mereka akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai dengan acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian penjurian mulai dari tes koginitif, presentasi dan wawancara, serta webinar kepustakawanan dan acara penutupan. Acara inipun diliput oleh berbagai media lokal, berikut beberapa diantaranya:

https://koranpelita.com/2020/10/19/syarif-bando-pustakawan-harus-giat-berinovasi-dan-kreatif/

https://m.rri.co.id/humaniora/info-publik/915198/pustakawan-harus-giat-berinovasi-dan-kreatif

https://rmco.id/baca-berita/nasional/51359/pemilihan-pustakawan-berprestasi-2020-perpusnas-beri-apresiasi-pemberi-layanan-terbaik

https://www.liputan6.com/regional/read/4386326/upaya-mencari-pustakawan-yang-tak-cuma-sekadar-menjaga-buku

https://mikrofon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-105848919/pustakawan-harus-berinovasi-secara-kreatif-di-tengah-pandemi-ini-perannya

https://sinarharapan.net/2020/10/pustakawan-harus-giat-berinovasi-dan-kreatif/