Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
BIMBINGAN TEKNIS TENAGA PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2020
Ditulis Oleh: Munip Ashari

Jakarta, 20 Oktober 2020 - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui Pusat Pembinaan Pustakawan berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan Se-Provinsi Jawa Barat. Kegiatan Bimtek kali ini diadakan secara berbeda dengan bimtek-bimtek sebelumnya. Bimtek pada tahun ini diadakan secara daring atau virtual dikarenakan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu 19-20 Oktober 2020. Dalam kegiatan ini, hadir 100 peserta yang terdiri dari pustakawan dan tenaga perpustakaan yang terdiri dari berbagai instansi antara lain dari perpustakaan sekolah, perpustakaan umum maupun perpustakaan khusus.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan ini turut melibatkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat selaku panitia lokal. Dalam bimbingan teknis ini, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menugaskan empat pustakawannya sebagai Pemateri, yakni Munip Ashari, S.AP dan Dra. Arifah Sismita, M.Si sebagai pemberi materi Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan, serta Rara Suci Amiyati, S.IP dan Muarifah Zahrotul Ahyat S.IIP sebagai pemateri Pengelolaan Akun Media Sosial Perpustakaan. Para pustakawan pemateri Bimbingan Teknis ini merupakan pustakawan yang telah melalui tahap seleksi secara objektif.

Kegiatan diawali dengan arahan Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan yang dalam hal ini disampaikan oleh Dra. Nani Suryani, M.Si selaku Koordinator Sertifikasi dan Pengendalian Mutu dan dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian pembukaan acara oleh Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat. Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan merupakan salah satu program Bagian Pengembangan Pustakawan tahun 2020, program ini dilaksanakan di 14 Provinsi di Indonesia. Pada tahun ini, Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan mengangkat dua materi utama yakni Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan yang meliputi: 1.) pengantar materi kebutuhan informasi; 2.) tahap analisis kebutuhan informasi; 3.) praktik pelaksanaan analisis kebutuhan informasi.

Sedangkan materi kedua adalah Pengelolaan Akun Media Sosial Perpustakaan, meliputi: 1.) pengantar materi media sosial dan pengenalan platform Facebook, Instagram, dan Twitter; 2.) membuat dan mempublikasikan konten media sosial; 3.) praktik membuat dan mempublikasikan konten media sosial.