Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020
Ditulis Oleh: Rara Suci Amiyati

Jakarta, 21 Oktober 2020

Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan merupakan kegiatan yang telah 3 tahun dilaksanakan oleh Pusat Pembinaan Pustakawan – Perpustakaan Nasional RI. Pada tahun 2020, dengan kondisi yang tidak biasa dan tidak memungkinkan untuk adanya keramaian dikarenakan pandemi global Covid-19, Pusat Pembinaan Pustakawan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Perpustakaan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan di 14 provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan provinsi ke-5 dalam penyelenggaran kegiatan ini. Bimtek dilaksanakan selama dua hari dengan durasi waktu 4 hingga 4,5 jam setiap harinya. Materi yang disampaikan pada bimtek ini berdasarkan pada survei need assessment yang telah dilakukan oleh Tim Penyelenggara pada awal tahun 2020. Materi yang disampaikan pada tahun ini adalah Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan; dan Mengelola Media Sosial Perpustakaan.


Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan tenaga perpustakaan di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan diawali dengan arahan Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan yang dalam hal ini disampaikan oleh Dra. Sarwidiarti Mrihastuti, S.S., M.Si selaku Koordinator Pengkajian dan Pengembangan Pustakawan dan acara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini disampaikan oleh Drs. Adib Suharto, S.IP, M.M selaku Kepala Sub Bidang Pembinaan Perpustakaan Bidang Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah. Setelah
acara resmi dibuka, pembelajaran dimulai dengan 100 peserta dibagi ke dalam 2 kelas pembelajaran dengan 50 orang pada setiap kelas. Pembelajaran pada hari pertama yaitu materi analisis kebutuhan informasi pemustaka untuk pengadaan bahan perpustakaan disampaikan oleh Solikhatun, S.Hum dan Muhamad Qodir Shodiq, S.I.Pust.  Pembelajaran pada hari kedua yaitu materi Mengelola Media Sosial Perpustakaan disampaikan oleh Isti Sulastari, S.Hum dan Muarifah Zahrotul Ahyat, S.IIP. Para pemateri pada kegiatan ini merupakan pustakawan pada Pusat Pembinaan Pustakawan – Perpustakaan Nasional RI.


Tenaga perpustakaan Provinsi Jawa Tengah masih tetap bersedia aktif di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Kedua materi merupakan tema yang menarik dan relevan saat ini. Bimtek ini juga dapat menjadi sarana para tenaga perpustakaan untuk saling bertukar pikiran dan mengasah kemampuan untuk memahami yang dibutuhkan oleh pemustaka. Metode pembelajaran pada bimtek tenaga perpustakaan terdiri dari pembelajaran di kelas, dan pembelajaran mandiri melalui modul serta video pembelajaran pada channel YouTube Bimtek Tenaga Perpustakaan atau pada link https://tinyurl.com/videopembelajaranmedsos.