Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
IFLA's New Professionals Special Interest Group (IFLA NPSIG), Jejaring Global Bagi Pustakawan Baru Masa Kini
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 26 November 2020 - Pernah mendengar nama IFLA NPSIG? Jika belum, maka Anda bisa mulai mengenalnya melalui artikel ini. IFLA NPSIG merupakan komunitas jejaring global bagi mereka yang baru menjadi pustakawan atau tenaga perpustakaan. Komunitas ini didirikan pada tahun 2004 oleh International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) yang berafiliasi dengan Manajemen Bagian Asosiasi Perpustakaan (MLAS). Dikutip dari websitenya, tujuan dari komunitas ini adalah untuk menyambut para profesional informasi baru dalam menghadapi lapangan kerja. IFLA NPSIG membekali para profesional baru dengan lokakarya virtual dan tatap muka, sesi sharing informasi, serta acara konferensi. Tidak hanya memfasilitasi peluang jaringan internasional untuk pustakawan di awal karirnya, IFLA NPSIG juga terbuka bagi para mahasiswa ilmu perpustakaan di seluruh dunia yang berminat untuk bergabung.

Apa saja kegiatan yang dilakukan oleh IFLA NPSIG?

Belum lama ini, IFLA NPSIG mengadakan webinar “Five Perspectives on Music Librarianship” (29 September 2020), rekamannya dapat diakses melalui website mereka. Sementara kegiatan yang akan datang adalah webinar “Librarians Supporting Universal Broadband to Continue Providing Essential Services to Communities Everywhere” (14 Desember 2020). Tidak hanya mengadakan acara yang 'serba serius', IFLA NPSIG juga mengadakan kegiatan ragam seperti “Virtual Happy Hour with NPSIG” (24 November 2020), yakni ‘hang out virtual’ dengan karaoke bersama pustakawan-pustakawan baru dari berbagai negara.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa bergabung dengan IFLA NPSIG?

IFLA NPSIG selalu terbuka bagi para relawan yang ingin terlibat dalam proyek dan acaranya. Ada empat area yang bisa dipilih untuk memperkaya pengalaman, yakni social media for professional organizations (media sosial untuk organisasi profesional), blogging (menulis artikel blog), conference event planning (perencanaan acara konferensi), dan assisting with presentations and workshops (membantu presentasi dan lokakarya). Pendaftaran dapat dilakukan dengan misi formulir pada link ini.

Untuk terhubung dengan IFLA NPSIG dan melihat update sosial medianya, Anda dapat mengunjungi website https://npsig.wordpress.com/