Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan 2020 Di Provinsi DKI Jakarta
Ditulis Oleh: Mariska Duwi Arifin Putri (MDAP)

24 November 2020. Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan merupakan salah satu kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pembinaan Pustakawan. Perpustakaan Nasional sebagai lemba induk nasional memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab dalam proses peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan menjadi salah satu implementasi dari proses peningkatan kompetensi bagi pustakawan dan tenaga perpustakaan.

Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pembinaan Pustakawan secara rutin mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan di seluruh Indonesia. Tak terkecuali ditahun 2020 ini, meskipun dalam masa pandemi Covid-19 kegiatan ini terus dilaksanakan walaupun secara daring melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini terpaksa diadakan secara daring sebagai wujud kepatuhan terhadap peraturan pemerintah untuk menerapkan social distancing dan physical distancing sebagai salah satu langkah dalam mengurangi angka keterpaparan Covid-19.

Pada tanggal 23-24 November 2020 ini telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan di Provinsi DKI Jakarta. Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi ke-13 yang tahun ini melaksanakan kegiatan ini secara daring. Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan di Provinsi DKI Jakarta ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan di seluruh DKI Jakarta dan juga instansi pemerintah pusat yang berlokasi di provinsi ini. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini, antara lain :

1.    Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan, yang mana materinya meliputi :

A.    pengantar materi kebutuhan informasi

B.    tahap analisis kebutuhan informasi

C.   praktik pelaksanaan analisis kebutuhan informasi

2.    Pengelolaan Akun Media Sosial Perpustakaan, yang mana materinya meliputi :

A.    pengantar materi media sosial dan pengenalan platform Facebook, Instagram, dan Twitter

B.     membuat dan mempublikasikan konten media social

C.     praktik membuat dan mempublikasikan konten media sosial

Sama seperti provinsi lainnya, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama disi dengan materi tentang Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan yang disampaikan oleh Ibu Arifah Sismita dan Bapak Rudianto yang mana keduanya merupakan pustakawan yang professional di Perpustakaan Nasional RI. Sedangkan hari kedua diisi dengan penyampaian materi tentang Pengelolaan Akun Media Sosial Perpustakaan yang disampaikan secara apik oleh Ibu Mariska Duwi Arifin Putri dan Bapak Rudianto yang mana keduanya merupakan pustakawan milenial yang berkompeten dibidangnya.

Secara keseluruhan, kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Hal ini diketahui dari respon positif dan antusiasme dari peserta yang selalu aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tidak hanya satu arah, proses pembalajaran berlangsung secara menyenangkan karena para pemateri dan panitia mampu membawakan materi dengan menarik dan peserta antusias untuk berdiskusi dan praktik secara langsung walaupun semua proses dipandu secara daring. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif melihat kepuasan dan nilai post test peserta cenderung dinilai cukup tinggi. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta dan dapat menjadi sarana dalam proses peningkatan kompetensi pustakawan diseluruh Indonesia. (MDAP)