Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur
Ditulis Oleh: Isti Sulastari

Sebagai instansi pembina tenaga perpustakaan di seluruh Indonesia, Perpustakaan Nasional melalui Pusat Pembinaan Pustakawan kembali melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Perpustakaan pada tahun 2020. Dengan beradaptasi dengan kondisi pembatasan interaksi sosial di era Covid-19, Bimtek pada tahun ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting di 14 provinsi. Pada pelaksanaan ke-13, Bimtek diselenggarakan untuk para tenaga perpustakaan yang berdomisili di Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 11 – 12 November 2020.

Melalui kolaborasi dengan para pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Bimtek kali ini berhasil melibatkan 100 peserta yang merupakan para tenaga perpustakaan yang dominasi oleh tenaga perpustakaan umum dan sekolah. Selama dua hari penyelenggaraan, peserta akan mendapatkan dua materi yang dipilih berdasarkan analisis survei need assessment materi pelatihan yang dilakukan oleh panitia pusat di awal tahun, yakni materi Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan dan materi Mengelola Media Sosial Perpustakaan. Pada hari pertama, dilakukan acara pembukaan yang dipandu oleh Novatriyanti (Panitia Pusat). Pada kesempatan ini, peserta mendapatkan pengantar oleh Sarwidiarti Mrihastuti (Koordinator Pengkajian dan Pengembangan Pustakawan) dan kemudian dilanjutkan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Dra. Hj. Mustikawati. Setelah acara pembukaan selesai, peserta dibagi ke dalam dua ruang pembelajaran yang untuk mengikuti pembelajaran Analisis Kebutuhan Informasi Pemustaka untuk Pengadaan Bahan Perpustakaan. Materi ini diajar oleh Kamilah Kinanti (Kelas A) dan M. Qodir Shodiq (Kelas B). Pada materi ini, peserta akan mendapatkan pemahaman terkait konsep analisis kebutuhan informasi dan teknis analisis kebutuhan informasi pemustaka.

Sama seperti hari sebelumnya, pada hari kedua peserta kembali dibagi ke dalam dua ruang pembelajaran secara acak tetapi untuk mengikuti materi pelatihan yang berbeda yaitu materi Mengelola Media Sosial Perpustakaan. Pada pembejalaran ini, peserta diajak untuk lebih memahami bagaimana mengelola media sosial perpustakaan yang baik, serta bagaimana membuat dan strategi publikasi konten di media sosial. Kemudian, di akhir pembelajaran peserta diajak praktik bersama membuat konten visual menggunakan Canva dan mempublikasikan di media sosial peserta. Pada tahap praktik, banyak peserta yang telah berhasil mengikuti tahapan pembuatan dan publikasi konten. Adapun materi ini diajar oleh Husna Aliyyus Dwi Karisma (Kelas A) dan Rara Suci Amiyati (Kelas B). Setelah mengikuti Bimtek ini, peserta diharapkan mampu mengaplikasikan materi-materi yang diberikan yang dapat membantu meningkatkan kinerja dari perpustakaan peserta. Kedua materi ini pun masih dapat dipelajari oleh peserta dan masyarakat luas melalui video pembelajaran yang dapat diakses melalui: https://tinyurl.com/videopembelajaranmedsos. (Isti)