Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
ONE PERSON LIBRARIAN
Ditulis Oleh: Mariska Duwi Arifin Putri (MDAP)

Jakarta – 16 Agustus 2019

Hari kemerdekaan memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan tidak hanya menjadi tanda terbebasnya Indonesia dari kaum penjajah, tetapi juga menjadi titik awal lahirnya bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan di era globalisasi dianggap sebagai sebuah kebebasan dalam mengembangkan potensi diri. Masyarakat akan bebas mengakses informasi sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini menjadi tantangan baru bagi perpustakaan dan pustakawan yang dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi penggunanya.     

Peringatan hari kemerdekaan dirayakan oleh Perpustakaan Nasional RI melalui penyelenggaraan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pustakawan mulai Tanggal 13 Agustus 2019 hingga 19 Agustus 2019 di Hotel Aryaduta Jakarta.  Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional ini diikuti oleh 29 Pustakawan Berprestasi Terbaik yang sebelumnya sudah melalui seleksi di tingkat provinsi sehingga berkesempatan mewakili provinsinya tersebut di tingkat nasional. Tema yang diangkat kali ini adalah “Pustakawan Berkarya dalam Mendukung Program Pembangunan Nasional”. Peserta akan dinilai oleh Dewan Juri yang berkompeten dibidangnya. Dewan Juri pada acara ini, antara lain :

1. Dra. Sri Sularsih, M.Si., Ketua merangkap Anggota (Pakar Perpustakaan),

2.  Drs. Dedi Junaedi, M.Si., Wakil Ketua merangkap Anggota (Pustakawan Ahli Utama dan Ketua Tim Penilai Pusat Perpustakaan Nasional RI ),

3. Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc., Sekretaris merangkap Anggota (Pustakawan Ahli Utama IPB),

4. DR. Zulfikar Zen, MA., Anggota (Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia),

5. Drs. Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D., Anggota (Akademisi Universitas Gadjah Mada),

6. Dr. Agus Rusmana, MA., Anggota (Akademisi Universitas Padjajaran),

7. Dra. Welmin S. Ariningsih, M.Lib., Anggota (Pakar Perpustakaan dan Akdemisi Universitas Brawijaya).

Salah satu peserta Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional adalah Adey Sucuk Zakaria, S.IP. dari Provinsi Jambi. Ia adalah pustakawan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi. Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjadi Pustakawan (PNS) sejak tahun 2015. Pada tahun 2010, ia sempat bekerja di salah satu minimarket di jakarta sambil melanjutkan kuliah. Setelah itu, ia sempat bekerja juga di salah satu Event Organizer pada tahun 2011 hingga 2013. Meskipun ia kuliah di Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, ia berpendapat bahwa pustakawan harus dapat melakukan berbagai pekerjaan, One Person Librarian, Pustakawan yang Multitasking. Tidak hanya berkecimpung di dunia kepustakaan dan kepustakawanan saja, tetapi juga mampu menguasai bidang lain sehingga dapat memanajemen perpustakaan dari berbagai sisi.    

Pada awal ditempatkan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, Adey menjadi turning point bagi instansinya. Belum adanya pustakawan dan sistem yang masih tradisional menjadi tantangan baginya saat menjadi pustakawan disana. Ia mulai menyadari bahwa pengalamannya bekerja di minimarket dan di event organizer telah memberikan banyak ilmu yang dapat diterapkan juga di perpustakaan. Ketertarikannya dengan teknologi informasi menjadi modal tambahan untuk memajukan perpustakaan dengan mulai menerapkan sistem otomasi dan pembuatan website perpustakaan hingga perpustakaan tersebut kini mempunyai pengunjung yang jauh lebih banyak dari pada sebelumnya.  

Selain bekerja di perpustakaan, Adey juga aktif menulis di media cetak lokal tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kepustakaan dan kepustakawanan.  Karyanya sering dimuat dalam kolom OPINI di media cetak. Menurutnya, pustakawan seharusnya tidak hanya mengelola perpustakaan, tapi juga menulis agar mampu memberikan inovasi dan memberikan solusi dari berbagai permasalah di bidang kepustakaan dan kepustakawanan. Pustakawan harus mampu berkarya dengan memajukan perpustakaannya dan berkontribusi aktif dalam mendukung kesejahteraan masyarakat secara langsung. Berangkat dari hal inilah, Adey dinobatkan sebagai Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019. (MDAP)