Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
BLENDED LIBRARIANSHIP CONCEPT
Ditulis Oleh: Mariska Duwi Arifin Putri (MDAP)

Jakarta - 16 Agustus 2019

Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Pustakawan telah melaksanakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus 2019 hingga 19 Agustus 2019 di Hotel Aryaduta Jakarta. Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi pustakawan yang berprestasi dan berkontribusi aktif dalam meningkatkan literasi masyarakat. Tema yang dibahas pada tahun ini adalah Pustakawan Berkarya dalam Mendukung Program Pembangunan Nasional.    

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019 diikuti oleh 29 peserta yang mewakili provinsinya masing-masing. Sebelum berkompetisi ditingkat nasional, peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat daerah/provinsi dimana peserta dengan nilai tertinggilah yang berhak berkompetisi ditingkat nasional. Peserta tingkat nasional dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari birokrat, akademisi, praktisi, dan perwakilan organisasi profesi, seperti Dra. Sri Sularsih, M.Si. (Ketua merangkap Anggota, seorang Pakar Perpustakaan), Drs. Dedi Junaedi, M.Si. (Wakil Ketua merangkap Anggota, seorang Pustakawan Ahli Utama dan Ketua Tim Penilai Pusat Perpustakaan Nasional RI), Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc. (Sekretaris merangkap Anggota, seorang Pustakawan Ahli Utama IPB), DR. Zulfikar Zen, MA. (Anggota Dewan Juri dan Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia), Drs. Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D. (Anggota Dewan Juri dan Akademisi Universitas Gadjah Mada), Dr. Agus Rusmana, MA. (Anggota Dewan Juri dan Akademisi Universitas Padjajaran), Dra. Welmin S. Ariningsih, M.Lib. (Anggota Dewan Juri dan Akademisi Universitas Brawijaya). Peserta yang berhasil menjadi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional berhak mengikuti seleksi delegasi Indonesia untuk CONSAL (Congress of Southeast Asian Librarians).

Salah satu peserta yang mengikuti kompetisi pustakawan berprestasi adalah Gana Royana Putri, S.IIP., M.Hum. dari Provinsi DKI Jakarta. Ia membahas mengenai Blended Librarian yang merupakan sebuah konsep dimana seorang pustakawan seharusnya dapat menjadi partner dan trainer bagi para pemustaka. Pemustaka dengan berbagai latar belakang mempunyai pola belajar yang berbeda sehingga membutuhkan seorang pustakawan agar dapat memperoleh informasi yang relevan dengan kebutuhannya. Konsep ini diterapkan oleh Gana dalam bertugas sebagai pustakawan di Sekolah Tinggi Manajemen IPMI. Gana mampu mengembangkan perpustakaan sebagai tempat belajar yang nyaman dan pustakawan menjadi partner setiap pemustaka dalam belajar. Hal inilah yang kemudian mengantarkannya menjadi Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. (MDAP)