Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id

Jabatan Fungsional Pustakawan dan
Penilaian DUPAK Fungsional Pustakawan

oleh: Yudho Widiatmono


Definisi Jabatan Fungsional Pustakawan

Menurut Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang dimaksud Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Sedangkan secara khusus arti dari Jabatan Fungsional Pustakawan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melaksanakan kegiatan kepustakawanan. yaitu kegiatan kegiatan ilmiah dan professional yang meliputi pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan, dan pengembangan sistem kepustakawanan. Jabatan Fungsional Pustakawan sendiri diemban oleh PNS yang diberi tugas untuk melaksanakan tugas di bidang kepustakawanan dan Jabatan Fungsional Pustakawan merupakan jabatan karir bagi PNS. 


Dalam meningkatkan karirnya Pejabat Fungsional Pustakawan harus melaksanakan tugas di bidang kepustakawan sebagai pemenuhan angka kredit yang dibutuhkan untuk kenaikan jenjang jabatan/pangkatnya. Angka kredit merupakan satuan nilai dari setiap butir kegiatan dan/atau akumulasi butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh Pustakawan dalam rangka pembinaan karir yang bersangkutan.

Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pustakawan

Penilaian angka kredit fungsional pustakawan dilakukan oleh Tim Penilai yang ditunjuk oleh Pejabat Penetap Angka Kredit untuk membantunya menilai pekerjaan pejabat fungsional pustakawan. Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan terdapat berbagai jenis yaitu:

Dalam melakukan penilaian, Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan menggunakan rujukan dalam melakukan penilaian angka kredit Pustakawan yaitu Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, Serta Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya yang tertuang dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015, kedua dokumen ini dapat didownload pada halaman Dokumen dan Peraturan pada website ini.


Persyaratan menjadi Fungsional Pustakawan

Pustakawan Tingkat Ahli

Pustakawan Tingkat Terampil

Angka kredit untuk pendidikan sekolah dan memperoleh ijazah/gelar 

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No.9 Tahun 2014 

Kelengkapan berkas DUPAK untuk diangkat menjadi Pustakawan Tingkat Ahli

Kelengkapan berkas DUPAK untuk diangkat menjadi Pustakawan Terampil

Kelengkapan berkas DUPAK untuk kenaikan pangkat dan/atau jabatan pustakawan serta

Alih jalur dari Pustakawan Terampil menjadi Pustakawan Ahli 

Perhitungan angka kredit untuk alih jalur dari Pustakawan Terampil menjadi Pustakawan Ahli 

Alur Pengusulan dan Penetapan Angka Kredit Pustakawan

Informasi selengkapnya tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya dapat anda lihat pada:

Bagi Pejabat Fungsional Pustakawan yang di instansinya belum mempunyai Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan dapat dinilai pada Tim Penilai Jabatan Fungsional terdekat (Tim Penilai Provinsi/Perguruan Tinggi/Instansi) atau ke Tim Penilai di Perpustakaan Nasional

Tim Penilai Unit Kerja Perpustakaan Nasional
Alamat :
Perpustakaan Nasional RI
Gedung B lantai 2 Jl. Salemba Raya 28A Jakarta
CP . Anita:085219588777

Tim Penilai Pusat Perpustakaan Nasional
(untuk Pangkat/Gol. Pembina Tk.I/IVb sd. Pembina Utama IV/e)

Alamat : 
Perpustakaan Nasional RI 
Gedung B lantai 2 Jl. Salemba Raya 28A Jakarta
CP . Indra Astuti :0817195600