Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2020
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 26 Mei 2020 -- Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai program pemerintah, banyak kegiatan yang tertunda bahkan dibatalkan. Bagaimana dengan penyelenggaraan Pemilihan Pustakawan Beprestasi tahun 2020?

Dilakukannya rapat internal tim pusat dan dewan juri pada Kamis, 14 Mei 2020 menandakan bahwa kegiatan ini akan tetap dilaksanakan oleh Perpusnas RI. Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan agar bisa menjadi peserta seleksi Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional?

Ikuti Seleksi di Tingkat Provinsi

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik dilakukan secara berjenjang dimulai dengan seleksi di tingkat provinsi. Pada seleksi tingkat provinsi ini, kewenangan tentang mekanisme lomba menjadi hak Dinas Perpustakaan Provinsi, sehingga sangat mungkin jika tiap provinsi memiliki mekanisme lomba yang berbeda-beda.

Aktif Mencari Tahu ke Dinas Perpustakaan Provinsi Masing-masing

Setiap warga negara yang memenuhi kriteria berhak mengikuti seleksi Pustakawan Berprestasi tingkat Provinsi. Namun, kurangnya publikasi kerap jadi masalah klasik penyelenggaraan seleksi di tingkat provinsi, sehingga tak jarang pustakawan-pustakawan yang potensial untuk mengikuti seleksi tak terkabarkan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar pustakawan di provinsi berperan aktif mencari tahu tentang mekanisme dan tanggal penting pelaksanaan seleksi di provinsi masing-masing.

Baca dengan Cermat Brosur dari Panitia Pusat

Pada artikel ini, kami menampilkan gambar dari brosur Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020, dilengkapi dengan kontak Dinas Perpustakaan di 34 provinsi. Penting untuk membaca dengan cermat setiap poin syarat dan ketentuan, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan dokumen atau daftar ceklist lainnya untuk mengikuti ajang ini.

Harap mengabaikan timeline yang tertera pada brosur terlampir. Mengingat situasi pandemi yang tidak pasti, terdapat banyak penyesuaian tentatif dari panitia pusat. Oleh karena itu, bagi pendaftar yang berminat sangat disarankan mengikuti rekomendasi untuk aktif mencari tahu update informasi tanggal penting pada Dinas Perpustakaan di provinsi masing-masing. 

1 2