Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Musriyanto, Finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 Perwakilan Provinsi Jambi
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta,12 November 2020 – Musriyanto, S.IP merupakan peserta perwakilan Provinsi Kepulauan Jambi pada kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020. Sebagai putra daerah Jambi, Musriyanto telah 10 tahun malang-melintang dalam dunia  perpustakaan, mulai dari menjadi pustakawan sekolah, dosen luar biasa pada Jurusan Ilmu Perpustakaan IAIN STS Jambi, hingga berkarier sebagai pustakawan perguruan tinggi di Universitas Adiwangsa Jambi.

Tidak hanya mengabdikan diri sebagai pustakawan, Musriyanto juga memiliki catatan gemilang dalam keikutsertaan ajang Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi, dimana ia selalu memperoleh gelar juara 2 atau 3 sepanjang tahun 2015-2019, hingga kahirnya berhasil memperoleh juara 1 dan mewakili Provinsi Jambi pada kompetisi di tingkat nasional.

Pada kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tanggal 19-23 Oktober 2020 yang dilaksanakan secara daring, Musriyanto membagikan pengalamannya adaptasinya sebagai pustakawan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemik Covid-19, yakni dengan membuat skema layanan perpustakaan dalam tiga fase, yakni fase 1 di awal pandemik dimana seluruh kegiatan layanan berbasis daring. Pada tahap 2 layanan bersifat campuran daring dan onsite (kunjungan fisik) dengan waktu yang terjadwal. Kemudian, di tahap ke 3 kenormalan baru Perpustakaan IAIN STS Jambi kembali buka setiap hari kerja dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Musriyanto juga membagikan berbagai program perpustakaan yang ia dan tim susun untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang sebagian besar adalah mahasiswa, seperti layanan bimbingan skripsi/karya ilmiah, layanan penyediaan buku untuk ujian akhir dan ujian skripsi, serta merespon cepat berbagai pesan yang masuk dari para pemustaka baik lewat e-mail mau pun chat whatsapp.

Melengkapi pengalamannya di ranah perpustakaan, Musriyanto juga aktif sebagai anggota IPI, pengurus Forum InlisLite Provinsi Jambi, dan pengurus Forum PPTI Provinsi Jambi. Untuk berkorespondensi dengan Musriyanto, dapat menghubungi melalui email musriyanto7@gmail.com.