Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Nonik Meyda Riska, Finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 6 November 2020 - Nonik Meyda Riska S, A.Md merupakan pustakawan perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang menandai keikutsertaan Provinsi Kepri untuk pertama kalinya pada kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020. Pustakawan Terampil yang bertugas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri ini telah berhasil mengungguli rekan pustakawan lainnya pada seleksi di tingkat provinsi.

Pada kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tanggal 19-23 Oktober 2020 yang dilaksanakan secara daring, Nonik membagikan pengalamannya dalam menjalankan peran sebagai pustakawan di tengah kondisi pandemik Covid-19, yakni melakukan sosialisasi pelatihan pemanfaatan bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada sosialisasi tersebut, Nonik memperkenalkan berbagai aplikasi yang dapat membantu proses belajar-mengajar masyarakat Kepri yang saat ini dilakukan secara daring. Materi sosialisasi daring tersebut diantaranya adalah mengajarkan para pemustaka tentangcara menggunakan aplikasi video conference dan memperkenalkan website-website pembelajaran yang dapat diakses secara gratis.

Selain itu, Nonik juga terlibat dalam sejumlah inovasi bidang perpustakaan di Provinsi Kepri, seperti  menjalankan Pustaka Apung, menghadirkan fitur aplikasi perpustakaan digital Prov Kepri (Kacapuri) yang merupakan alternatif untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya serta mempermudah Kacapuri untk diakses dan nyaman pada saat dibaca oleh pengguna, serta menjalankan fitur ask to librarian pada website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau.

Nonik aktif pada dua organisasi dibidang pustakawan dan kepustakawanan di Provinsi Kepri. Tercatat ia merupakan pengurus daerah pada Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Kepri dengan jabatan sebagai Ketua Bidang Pengembangan Pendidikan, Pelatihan, dan Sertifikasi periode 2017-2020. Ia juga aktif menjadi pengurus daerah pada Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Provinsi Kepri dengan jabatan sebagai Anggota Biro Pendidikan, Pelatihan, dan Promosi Minat Baca periode 2017-2020. Untuk berkorespondensi dengan Nonik Meyda Riska, dapat menghubungi melalui email nonikmeyda@gmail.com.