Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Meri Susanti, Peraih Juara Harapan Satu Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 Perwakilan Provinsi Bengkulu
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 16 November 2020 - Meri Susanti merupakan salah satu finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 dari Provinsi  Bengkulu. Meri Susanti merupakan Pustakawan Ahli Pertama di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Dan pada tahun ini, Meri berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara Harapan 1.

Dalam sesi presentasi kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tanggal 20-22 Oktober 2020, Meri Susanti memaparkan pandangannya tentang peran pustakawan dalam  mewujudkan SDM unggul melalui penguatan budaya literasi, serta inovasi dan kreatifitas pustakawan dalam penguatan literasi menuju  masyarakat sejahtera  dengan gerakan aqurium literasi.

Kegiatan penguatan budaya literasi yang telah Meri lakukan diantaranya seperti mengadakan kelas literasi, kelas metodologi penelitian, mengembangkan kreatifitas melalui perakitan alat pendeteksi kebakaran bersama Tim Matahari Pustaka Perpustakaan  Universitas Muhammadiyah Bengkulu, serta mengikuti seminar nasional.

Selain itu, inovasi dan kreatifitas lainnya yang Meri lakukan adalah melalui gerakan Aqurium Literasi, yakni kegiatan penguatan literasi dan minat baca masyarakat dari lingkungan keluarga sampai ke pelosok desa, pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga, pelatihan pengelolaan perpustakaan kelurahan, narasumber pengelolaan Perpustakaan Kampung Sejahtera bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Bengkulu, penguatan literasi dalam meningkatkan minat baca mahasiswa dan pelajar melalui menulis resensi buku, serta penguatan literasi dan meningkatkan minat baca para milenial di Literasi Cafee. Selain itu, Meri juga rutin melakukan kegiatan membaca buku bersama anak-anak di Taman Bacaaan Masyarakat Syahmi yang berlokasi di Kelurahan Betungan, Bengkulu.

Selain menekankan tentang pentingnya kegiatan penguatan literasi, inovasi, dan kreatifitas, meri juga menyampaikan tentang perlunya berjejaring bagi pustakawan. Meri sendiri tercatat cukup aktif di berbagai organisasi pustakawan, ia aktif sebagai pengurus IPI Bengkulu, Wakil Sekretaris 2 FPPTI Bengkulu, serta pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (FPPTMA) Wilayah Bagian Barat Sumatera. Untuk berkorespondensi dan bertukar pikiran dengan Meri Susanti, dapat menghubungi melalui email merisusanti@umb.ac.id.