Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Trisni Handayani, Finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 17 November 2020 - Trisni Handayani merupakan finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. Saat ini, Trisni berkarier sebagai pustakawan di Politeknik Negeri Sriwijaya. Prestasi yang telah ditoreh oleh Trisni diantaranya adalah menulis buku dengan judul Panduan Manajemen Perpustakaan yang diterbitkan pada tahun 2020.

Dalam sesi presentasi kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tanggal 20-22 Oktober 2020, Trisni berbagi kisah tentang inovasi yang ia lakukan selama masa pandemik Covid-19. Perpindahan koleksi buku perpustakaan dari tangan ke tangan berpotensi menjadi media penyebaran virus Covid-19. Sementara penyemprotan disinfektan bukan menjadi solusi terbaik, karena dapat menyebabkan kerusakan pada koleksi buku. Oleh sebab itu, Trisni dan tim menawarkan inovasi kotak sterilisasi sebagai alternatif memutus peluang penyebaran Covid-19 melalui koleksi buku perpustakaan. Kotak sterilisasi memanfaatkan sinar ultraviolet untuk membersihkan permukaan buku dari bakteri dan kuman. Untuk memperluas dampak inovasinya tersebut, Trisni berencana untuk memperbanyak kuantitas produksi kotak sterilisai serta menyusun pilot project penggunaan kotak sterilisasi buku pada perpustakaan-perpustakaan yang tersebar di berbagai wilayah di Sumatera Selatan. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, Trisni mengajukan kerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya dan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan.

Saat ini, Trisni tercatat menjabat sebagai Koordinator Penelitian dan Pengembangan SDM FPPTI Sumatera Selatan periode 2019-2022, serta Pengurus Daerah IPI Kota Palembang periode 2018-2022.