Hubungi Kami

Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat 10430, Indonesia
0800 1737787     pustakawan.perpusnas.go.id
Dewi R.A. Mowose, Finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah
Ditulis Oleh: Kamilah Kinanti

Jakarta, 25 November 2020 - Dewi R.A. Mowose, S.Sos  adalah finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020 perwakilan dari Provinsi  Sulawesi Tengah. Dewi merupakan Pustakawan Ahli Pertama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso.

Dalam sesi presentasi kegiatan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tanggal 20-22 Oktober 2020, Dewi membagikan pengalamannya sebagai pustakawan di Kabupaten Poso. Dewi telah bekerja di perpustakaan sejak tahun 2000 sebagai tenaga sukarela, pengabdian Dewi terbayar dengan pengangkatannya sebagai PNS pada tahun 2008. Berawal dari pekerjaan-pekerjaan teknis perpustakaan, Dewi semakin tertarik dengan dunia perpustakaan hingga akhirnya meninggalkan kuliah pada jurusan sebelumnya dan berpindah ke jurusan ilmu perpustakaan.

Selain melakukan kegiatan harian di perpustakaan, Dewi terhitung aktif melakukan kegiatan pendampingan dan terjun lapang dalam meningkatkan minat baca di daerahnya—yang memantaskan predikat pegiat literasi dalam portofolionya. Dewi aktif dalam Komunitas Poso Ba Baca, dimana ia menjalankan peran sebagai pustakawan dalam komunitas tersebut. Setelah resmi menjadi pustakawan dengan status PNS, Dewi melakukan banyak gerakan pro literasi bagi masyarakat Poso, seperti Gerakan Poso Gemar Membaca dengan target pelajar dan masyarakat umum, Rumah Cerdas Sayo yang membidik anak-anak melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di kecamatan setempat, serta Literasi Perdamaian berkolaborasi dengan Komunitas Poso Ba Baca yang menghadirkan gerakan membaca sejak usia dini, khususnya kepada anak-anak di wilayah konflik horizontal di Poso. Dewi juga menghadirkan Pojok Baca bagi para pegawai di lingkungan kantor Bupati Poso, berjejaring dengan para pegiat literasi di wilayah Kabupaten Poso, serta melakukan banyak kerja sama dengan berbagai pihak di Kabupaten Poso, seperti berkolaborasi dengan Poso Art-Rumah Raja Talasa Poso dan melakukan MoU dengan STIKER Poso.

Pesan Dewi bagi rekan pustakawan lainnya adalah lakukan perubahan diri, giat membaca demi kepentingan profesi, ilmu, maupun pengembangan kepribadian, agar profesi pustakawan mampu bertahan dan menunjukkan eksistensinya sebagai agen informasi. Untuk berkorespondensi dengan Dewi R.A. Mowose, dapat menghubungi melalui email dewimowose@gmail.com.